Thursday, November 20, 2008

Gadget Teknologi Tinggi Susah Diperbaiki


Kapanlagi.com - Belakangan hampir semua produsen peranti elektronik menawarkan produk dengan teknologi tinggi. Tuntutan untuk membuat gadget yang mampu mengerjakan banyak tugas dan mampu terkoneksi dengan peranti lain membuat gadget-gadget yang dijejali banyak fitur itu jadi tak mudah diperbaiki saat mengalami kerusakan. Setidaknya itulah hasil riset yang dilakukan baru-baru ini.

Pew Internet & American Life Project yang melakukan survei terhadap pengguna komputer, portable music player, ponsel, dan smartphone. Dan hasil dari survei ini menunjukkan bahwa sekitar 15% dari pengguna peranti ini yang mengalami kerusakan akhirnya menyerah karena tak bisa mencari teknisi untuk memperbaiki gadget mereka.

Hasil survei tersebut juga menunjukkan bahwa sekitar 38% dari pengguna menghubungi customer service sedangkan 28% mengaku berhasil memperbaikinya sendiri. 15% dari pengguna ini berhasil mencari 'pertolongan' lewat internet sementara 15% sisanya mengaku putus asa dan memutuskan untuk membeli gadget baru.

Seperti diberitakan oleh Associated Press hari Senin (17/11/08), tingginya tingkat kompleksitas dari produk gadget akhirnya membuat para produsen mulai 'merangkul' komunitas online untuk membantu mereka memberikan solusi bagi pelanggan yang mengalami kesulitan. Banyak produsen mulai menganggap bahwa fitur dan teknologi yang mereka cangkokkan pada produk mereka tak lagi dapat diatasi dengan layanan customer service.

Sementara dari sisi konsumen sendiri kadang juga mengalami masalah saat harus menghubungi costumer service karena mereka menggunakan dua produk dari produsen berbeda. Misalnya saja Anda menggunakan produk komputer dari satu produsen sementara printer yang Anda gunakan dibuat oleh produsen lain. Ini membuat konsumen kesulitan karena tak tahu harus menghubungi customer service yang mana. (ap/roc)

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger